Sabtu, 30 Juli 2011

Penduduk di negara – negara di Eropa dan Amerika Latin seperti Spanyol dan Argentina memiliki sebuah kebiasaan unik yang disebut dengan Siesta. Apa itu Siesta ?



Siesta adalah kebiasaan tidur sejenak pada siang hari. Lamanya bersiesta hanya sekitar 15-30 menit saja yang dilakukan selama jam istirahat perkantoran. Di beberapa daerah di Argentina, seperti di Santiago Del Estero, kebiasaan tidur siang ini dijadikan sebuah tradisi. Jadi jangan heran bila di daerah ini banyak perkantoran maupun pertokoan ditutup untuk sementara selama jam tradisi Siesta ini dan tidaklah heran apabila pada jam – jam istirahat siang jalanan menjadi sepi, karena memang para penduduk ini melakukan tradisi tidur siang mereka yang sangat saklar.


Kebiasaan Siesta yang dilakukan para penduduk Argentina maupun penduduk Spanyol itu memang terdengar unik. Namun harus anda ketahui, bahwa tidur pada siang hari ternyata memiliki manfaat yang sangat besar bagi kesehatan manusia.


Sebuah penelitian yang dilakukan oleh NASA membuktikan bahwa Siesta atau tidur siang ternyata bisa meningkatkan kinerja fungsi memori otak manusia. Bahkan TAC atau Komisi Penanggulan Kecelakaan Transportasi di Australia sangat merekomendasikan para penduduk Australia untuk melakukan tidur siang, guna mengurangi kemungkinan terjadinya kecelakaan di jalan raya. Dengan kondisi otak yang dalam keadaan segar, tingkat konsentrasi manusia menjadi sangat tinggi karena kinerja otak yang meningkat.


Sebuah survey dari National Express, Inggris menyatakan bahwa dua pertiga dari responden survey mereka menemukan ide – ide yang hebat dan brilian saat mereka berada dalam sebuah toilet ! Setelah diteliti, ternyata toilet adalah tempat dimana Anda terbebas dari berbagai macam beban pikiran yang bisa mengingatkan Anda akan perkerjaan, kegiatan ataupun masalah yang dapat membuat Anda tertekan. Otak manusia dapat bekerja secara efektif jika tidak dibebani dengan pikiran – pikiran berat yang tentunya menurunkan kinerja memori otak. Sama halnya dengan memori komputer, apabila memori tersebut sudah penuh, maka kinerja memori tersebut menurun dan komputer menjadi berjalan lamban.


Well, setelah melihat hasil survey yang dilakukan para “orang – orang pintar “, ternyata kebiasaan atau tradisi Siesta di Argentina disaklarkan sangatlah beralasan. Karena ternyata tidur siang yang cuma 15-30 menit itu sangatlah penting guna mengurangi tingkat human error .


Kapan ya Indonesia menerapkan tradisi Siesta seperti di Argentina dan Spanyol ???

Hitung – hitung dapat mengurangi tingkat kecelakaan di jalan raya.


Sumber: Dunia Kesehatan

0 komentar:

Hallo sobat salam kenal , mari membaca sedikit info di blog ini... sering-sering kesini yaa, thx

Arsip Blog

Popular Posts

Total Pengunjung

Website counter

Pengikut

About Me

Foto Saya
Muhammad Arief
Tangerang Selatan, Banten, Indonesia
Jangan takut u/ berbuat hal bodoh... Coba berpikir dengan pandangan yg berbeda... Kebodohan akan tetap menjadi sebuah kebodohan jika gagal melakukan kebodohan itu, tetapi jika berhasil melakukannya dg baik tentu akan menjadi luar biasa.
Lihat profil lengkapku

Rujukan

Muhammad Arief S. Diberdayakan oleh Blogger.